DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DENGAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN CIMAHPAR 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Septiani, Siti Ninda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 08:56:08 
Abstract :
Siti Ninda Septiani, NIM. H. 1710901 Hubungan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dengan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cimahpar 01, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021 Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan membaca yang masih rendah terutama dalam penguasaan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca peserta didik dengan hasil pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Cimahpar 01. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Dengan jumlah responden 34 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu r hitung yaitu 0,503 dengan pada r tabel didapatkan dari 34-2= 0,3388 maka, r hitung > r tabel atau 0,503 > 0,3388, dimana hasil tersebut menunjukan adanya hubungan kemampuan membaca peserta didik terhadap hasil pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan besar hubungannya yaitu R Square 0, 253 atau jika dipresentasikan 25,3% maka, hubungan kemampuan membaca yang terjalin dengan hasil pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, sebesar 25,3% dan sisanya 74,7% itu berhubungan dengan variabel lainnya. Dari hasil penenlitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan membaca peserta didik dengan hasil pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Cimahpar 01. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Hasil Pembelajaran, Bahasa Indonesia 
Institution Info

Universitas Djuanda