Abstract :
Siti Ninda Septiani, NIM. H. 1710901 Hubungan Kemampuan Membaca
Peserta Didik Dengan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cimahpar 01,
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan membaca yang masih rendah
terutama dalam penguasaan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca peserta
didik dengan hasil pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Cimahpar 01. Metode yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Dengan jumlah responden
34 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari
penelitian ini yaitu r hitung yaitu 0,503 dengan pada r tabel didapatkan dari 34-2= 0,3388
maka, r hitung > r tabel atau 0,503 > 0,3388, dimana hasil tersebut menunjukan adanya
hubungan kemampuan membaca peserta didik terhadap hasil pembelajaran bahasa
Indonesia. Dengan besar hubungannya yaitu R Square 0, 253 atau jika dipresentasikan
25,3% maka, hubungan kemampuan membaca yang terjalin dengan hasil pembelajaran
bahasa Indonesia yaitu, sebesar 25,3% dan sisanya 74,7% itu berhubungan dengan
variabel lainnya. Dari hasil penenlitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara kemampuan membaca peserta didik dengan hasil pembelajaran bahasa
Indonesia di SDN Cimahpar 01.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Hasil Pembelajaran, Bahasa Indonesia