Abstract :
Lisdayani. NIM: H.1610047 Analisis Pola Interaksi Orang Tua dan Siswa
Dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Penelitian ini membahas mengenai pola interaksi orang tua dan siswa ketika
pembelajaran di masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana interaksi orang tua dan anak dalam membimbing
pembelajaran di masa pandemi covid-19, selain itu untuk mengetahui bagaimana
sikap orang tua terhadap anak ketika melakukan pembelajaran dirumah, dan untuk
mengetahui apa hambatan serta faktor pendorong orang tua dan anak dalam
pembelajaran daring. Metode penenelitian dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Tempat penelitian di Sekolah
Dasar Negeri Perbawati, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan jenis
triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi orang tua dan
anak dalam membimbing pembelajaran dimasa pademi sangat kurang tingkat
intensitasnya. Kurangnya intensitas dikarenakan tidak ada waktu untuk
mendampingi anak belajar karena orang tuanya harus bekerja. Selain itu, hasil
penelitian menunjukkan bahwa sikap orang tua terhadap anaknya dalam belajar
secara online adalah sabar, ikhlas, kesal, emosi, menyerah, merangkul, tidak
sabar, sedih dan juga senang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hambatan
orang tua dan anak ketika belajar online adalah kurang bagusnya jaringan internet,
tidak mempunyai hanphone android, dan kurangnya pemahaman materi yang
disampaikan oleh guru. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
pendorong belajar online diantaranya pemberian kuota internet, dan
dipinjamkannya buku paket dari sekolah.
Kata kunci: Pola Interaksi, Orang Tua, Siswa.