Abstract :
DINDA RIZKIYA, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Kompetensi Komunikasi Interpersonal Marketing
officer dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada bidang jasa pelayanan modal usaha
masyarakat kecil menengah, pembimbing I : Hj. Sukarelawati., Dra., M.Si, Pembimbing II :
Desi Hasbiah, S.Si., M.I.Kom.
PT. Sarana Sumut Ventura atau yang biasa disebut Sumut Ventura adalah perusahaan
yang bergerak dalam bidang usaha pembiayaan ventura. Dalam operasional perusahaan, Sumut
Ventura memberikan pembiayaan kepada sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM)
Perusahaan ini memiliki 700 Marketing officer dari seluruh cabang perusahaan, jumlah ini
lebih banyak dibanding dengan bagian lain yang berjumlah hanya sekitar 300 pegawai. Dalam
dunia Bisnis dan pemasaran, komunikasi menjadi pondasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap
pelakunya, bukan hanya dalam hal penjualan produk dan jasa, komunikasi juga berperan dalam
menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama, menjaga hubungan baik ini
tentu harus dilakukan dengan kemampuan kompetensi komunikasi interpersonal yang baik dari
setiap pelaku perusahaan salah satunya adalah Marketing Officer.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kompetensi Komunikasi
Interpersonal Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura Bogor Barat. Serta untuk
mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Sarana Sumut Ventura dalam
meningkatkan loyalitas nasabah melalui penggunaan Kompetensi Komunikasi Interpersonal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif deskriptif, dimana peneliti
mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian.
Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis dari subjek penelitian dan perilaku yang dapat diamati.
Hasil penelitian ini adalah PT. Sarana Sumut Ventura telah menerapkan teori
Kompetensi Komunikasi Interpersonal mengacu ketigaa indikator yakni Pengetahuan,
Kemampuan dan Motivasi. Hal ini dibuktikan pada table penambahan jumlah nasabah top up
dan nasabah yang pembayarannya lancar disetiap minggunya.
Kesimpulan pada Kompetensi komunikasi interpersonal marketing officer dalam
proses pelayanan modal usaha masyarakat kecil menengah di PT Sarana Sumut Sumatera
menggunakan 3 kompetensi yaitu pengetahuan, kemampuan dan motivasi. Proses yang
dilakukan oleh Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura Bogor barat telah berkontribusi
dalam meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan nasabah sehingga membentuk loyalitas
dari nasabah.