DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN KOMUNIKASI NON VERBAL GURU DENGAN SISWA AUTISME DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SD INKLUSIF KREATIVA KOTA BOGOR)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
RAHAYU, SITI
Kartakusumah, Berliana
Prasetyo, Teguh
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-25 07:38:50 
Abstract :
Siti Rahayu. H.1510121. Penggunaan Komunikasi Non Verbal Guru dengan Siswa Autisme di Sekolah Dasar Inklusif Kreativa Kota Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2019. Komunikasi adalah hal yang penting agar terciptanya interaksi dengan orang lain sehingga akan menimbulkan suatu hubungan antara sesama manusia. Komunikasi non verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dapat dilakukan terutama dengan anak berkebutuhan khusus penyandang autisme. Anak dengan autisme cenderung sulit dalam menafsirkan kata-kata, kurangnya interaksi sosial, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Hal ini menyebabkan anak dengan autisme kesulitan dalam menerima komunikasi dalam bentuk verbal sehingga harus dibantu dengan komunikasi non verbal dalam berkomunikasi agar yang menjadi tujuan dalam berkomunikasi dapat tercapai dan maksud dari suatu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan khusus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan komunikasi non verbal guru dengan siswa autisme pada saat kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (guru dan siswa autisme) dan wawancara (wali kelas 3A, guru kelas 3A dan guru pendamping). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi non verbal yang digunakan guru dengan siswa autisme beragam jenisnya seperti, affect displays, kinetik, haptik, emblems, ilustrators, kontak mata, faktor lingkungan, dan keheningan. Komunikasi non verbal ini dilakukan dengan bantuan dengan memberikan intruksi sederhana, penggunaan gambar/simbol, memberikan contoh-contoh, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan guru untuk berkomunikasi dengan siswa autisme pada prosedur pembelajaran setiap harinya agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Autisme, Komunikasi, Non Verbal. 
Institution Info

Universitas Djuanda