DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Nurhabibah, Nurhabibah
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2021-03-25 08:15:18 
Abstract :
Pengukuran kinerja yang baik adalah yang melihat dari aspek keuangan maupun non keuangan. Balance Scorecard mengukur kinerja dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif pengukuran kinerja pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bogor dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Untuk pelanggan, sampel yang diambil menggunakan rumus slovin sebanyak 100 pelanggan dengan teknik insidental sampling. dan untuk karyawan sampel yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh yaitu sebanyak 24 orang karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada ROA ROE, kepuasan pelanggan, proses operasi menggunakan rasio MCE, kepuasan karyawan dan retensi karyawan menunjukan hasil yang baik. Sementara akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, inovasi, dan produktivitas karyawan menunjukan hasil yang cukup. Perusahaan sebaiknya memperhatikan aspek-aspek non keuangan tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balance Scorecard, PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bogor 
Institution Info

Universitas Djuanda