Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelaku UMKM terhadap green
product, green price, green place dan green promotion terhadap daya saing UMKM pada
UMKM berbasis produk unggulan di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh green product, green price, green place dan green promotion secara simultan dan
parsial terhadap daya saing UMKM. Objek dan lokasi penelitian ini adalah pelaku UMKM
berbasis produk unggulan di Kota Bogor. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 UMKM. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi
dan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan dan parsial green product,
green price, green place dan green promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya
saing UMKM berbasis produk unggulan di Kota Bogor.
Kata Kunci : Green Product, Green Price, Green Place, Green Promotion dan Daya Saing
UMKM