DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MAKANAN MINUMAN KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Pitaloka A, Ajeng Widia
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2021-05-24 15:13:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan serta pengetahuan kewirausahaan baik secara simultan maupùun secara parsial terhadap keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Kuesioner didistribusikan kepada 75 responden yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada anggota koperasi. Metode analisis data menggunakan skala likert untuk analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap kewirausahaan serta pengetahuan kewirausahaan secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Adapun tanggapan pelaku usaha terhadap variabel sikap kewirausahaan memiliki nilai interpretasi sangat baik, sedangkan tanggapan untuk variabel pengetahuan kewirausahaan memiliki nilai interpretasi baik. Variansi dalam keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh variabel sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan melalui model, sedangkan sisanya dari variabel lain yang tidak diteliti, seperti kemampuan/ketrampilan, pendidikan, pengalaman, serta kreativitas dan inovasi. Disarankan pelaku usaha dapat melakukan evaluasi terhadap setiap aktivitas usaha dan menjadikan peluang sebagai tantangan. UMKM dapat memberikan pelatihan atau pendidikan mengenai cara memahami kepribadian guna memimpin usaha UMKM diusahakan untuk melakukan sosialisasi dan pengarahan dengan bekerjasama dengan pihak Dinas UKM Kabupaten Bogor mengenai pentingnya melihat, mengakui, dan menghargai potensi pihak pesaing karena agar produk yang dihasilkan tidak kalah oleh pesaing. Kata Kunci: Sikap Kewirausahaan, Pengetahuan Kewirausahaan, Keberhasilan usaha. 

Institution Info

Universitas Djuanda