DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS III SDN CIKUDA 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
NURAHMAWATI, DESTIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-09-18 03:28:46 
Abstract :
Destia Nurahmawati. NIM: H.1510249 Perbandingan hasil belajar matematika siswa SD yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III SDN Cikuda 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2015. Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan hasil belajar matematika siswa SD yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III SDN Cikuda 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Cikuda 01 dengan jumlah populasi sebanyak 56 siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas A sebanyak 29 dan kelas B sebanyak 27 siswa, kemudian sampel yang diambil adalah siswa kelas III SDN Cikuda 01 yang berjumlah 56 siswa. Hasil analisis deskripsi hasil belajar siswa setelah melakukan pretest dan posttest pada kelas eksperimen I, pretest memperoleh nilai rata-rata 54,48, sedangkan posttest memperoleh nilai rata-rata 89,31, sehingga mengalami peningkatan sebesar 34,83. Pada kelas eksperimen II, pretest memperoleh nilai rata-rata 57,22, sedangkan posttest memperoleh nilai rata-rata 79,63, sehingga mengalami peningkatan sebesar 22,41. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji Mann Whitney test bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0.000, artinya nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT di kelas III SDN Cikuda 01. Kata kunci: Matematika, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT), Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). 
Institution Info

Universitas Djuanda