DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN SIPAK 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
PURWATI, INU INDIRA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-09-21 03:31:04 
Abstract :
Inu Indira Purwati. NIM: H.1511177 Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media flashcard pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Sipak 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif bersama guru kelas V SDN Sipak 02, yang tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada peserta didik pada mata pelajaran IPA. Sebelum penelitian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V rata-rata 60,7 dan sebanyak 21 orang yang belum tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=70) sedangkan yang sudah mencapai KKM ada 8 orang. Model penelitian ini menggunakan Kemmish & McTaggart yang terdiri dari planning, acting, observing, dan reflecting dengan kriteria keberhasilan penelitian 75%. Data yang dikumpulkan adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan media flashcard pada siklus I memperoleh nilai 72,4 dengan prosentase peserta didik sebesar 62,05% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata nilai 85,2 dengan prosentase 82,76% sehingga dapat mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada siklus II yaitu 75%. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui Siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media flashcard pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas V SDN Sipak 02. Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Media flashcard 
Institution Info

Universitas Djuanda