Abstract :
Holid Hidayat, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Djuanda, 2019. Teknik Komunikasi Persuasif dan Instruktif Orang Tua Dalam
Membantu Guru Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Insan Nur Muhammad Kecamatan
Tenjolaya Kabupaten Bogor. Pembimbing I: Ike Atikah Ratna Mulyani, S.Sos., MM., M.Si.;
Pembimbing II: Agustini, Dra., M.Si.
Penerapan teknik komunikasi instruktif kepada siswa di SMP Insan Nur Muhammad,
dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat dicapai dengan
dukungan dan motivasi dari sekolah dan rumah, kerjasama yang baik antara sekolah dan
rumah menjadi penting dalam memotivasi siswa untuk berprestasi. Seperti Marwan yang
awalnya mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai guru BK, memberikan
bimbingan kepada siswa yang kurang disiplin dapat memotivasi siswa untuk belajar, namun
akhirnya Marwan berhasil menjadikan siswa SMP Insan Nur Muhammad berprestasi dan
SMP Insan Nur Muhammad menjadi satu. sekolah terbaik di Kecamatan Tenjolaya dengan
mendapatkan beberapa penghargaan dalam berbagai lomba antar sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruktif dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa.
Metode penelitian deskriptif kualitatif menjelaskan fenomena secara akurat tentang fakta.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, buku,
dokumentasi, laporan, dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi
instruksional yang dilakukan oleh guru dengan Rasa Takut Membangkitkan, ancaman yang
diberikan sebagai hukuman kepada siswa yang terlambat, skorsing, panggilan orang tua, dan
mengulang kelas yang sama untuk mendisiplinkan dan memotivasi siswa agar menjadi siswa
yang bertanggung jawab, disiplin dan berprestasi. Hal ini juga dilakukan oleh Red Hearring,
muatan kepentingan menang dalam suatu konflik seperti arahan, penjelasan, keyakinan,
perhatian dan pemahaman agar siswa menjadi disiplin, mengikuti aturan dan menjadi siswa
yang berprestasi. Kesimpulannya adalah guru BK berhasil memberikan motivasi kepada
siswa dalam prestasi belajarnya.
Kata kunci: Guru; Komunikasi instruktif; Prestasi belajar; Siswa