DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Campak dan Rubella Terhadap Sikap Pemirsa Televisi Di Kecamatan Bogor Utara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Sholihat, Andina Rachmah
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-07-29 14:11:26 
Abstract :
Andina Rachmah Sholihat, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor, 2018. Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Campak dan Rubella Terhadap Sikap Pemirsa Di Kecamatan Bogor Utara. Pembimbing I: Drs., Undang Suryatna M.Si. Pembimbing II: Dr. H. Muhammad Luthfie M.Si. Penelitian menganalisis tentang Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Campak Dan Rubella Terhadap Sikap Pemirsa Televisi Di Kecamatan Bogor Utara. Penelitian bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat bahaya campak dan rubella terhadap sikap pemirsa televisi di Kecamatan Bogor Utara kemudian untuk mengetahui dimensi iklan layanan masyarakat manakah yang paling berpengaruh pada iklan bahaya campak dan rubella terhadap sikap pemirsa di Kecamatan Bogor Utara. Penelitian menggunakan metode desktiptif kuantitatif dengan melakukan teknik pengambilan data melalui lembar kuisioner kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas dan di hitung memakai jawaban berdasarkan Weight Mean Score (WMS), Uji Korelasi Rank Spearman dan Uji Signifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Campak dan Rubella Terhadap Sikap Pemirsa Televisi di Kecamatan Bogor Utara secara umum memiliki pengaruh yang signifikan artinya menayangkan iklan melalui televisi merupakan salah satu cara yang efektif bagi pemirsa di Kecamatan Bogor Utara. Hal ini dapat dilihat dari sikap pemirsa yang mayoritas mengikuti progam Imunisasi Campak dan Rubella karena melihat tayangan iklan yang memberikan dampak buruk terjadi pada anak-anaknya sehingga menimbulkan pengetahuan bagi pemirsa dan mampu mengambil keputusan tanpa berpikir panjang. Dari tiga dimensi Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Campak dan Rubella yaitu Pesan Iklan, Sumber/Model dan Eksekusi Iklan secara umum yang paling berpengaruh dan signifikan terhadap pemirsa televisi adalah dimensi pesan, karena aspek pada dimensi pesan ini dianggap mempunyai nilai tertinggi dibandingkan dimensi lainnya. Cara penyampaian pesan oleh para model yang ditampilkan dalam iklan mampu memberikan kesedihan bagi pemirsa sehingga dapat dikatakan bahwa pesan yang disampaikan pada iklan layanan masyarakat bahaya campak dan rubella telah dirancang dengan sangat baik dan memberikan kontribusi paling besar dalam pembentukan atau perubahan sikap pada pemirsa di Kecamatan Bogor Utara. Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Sikap. 
Institution Info

Universitas Djuanda