DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR BERKALA ANGKUTAN KOTA DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BOGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Rahmawati, Evi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-08-02 13:44:08 
Abstract :
Evi Rahmawati, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor, 2019. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala Angkutan Kota di Dinas Perhubungan Kota Bogor. Pembimbing I : Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si, Pembimbing II: G.Goris Seran, Drs., M.Si. Tujuan dari penelitan ini yaitu mengetahui Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala Angkutan Kota di Dinas Perhubungan Kota Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kinerja pegawai menurut MT. Mitchell dalam Sedarmayanti (2009:51) yang didalamnya terdapat 5 dimensi yaitu kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, Inisiatif, kemampuan, komunikasi dan teori kualitas pelayanan menurut Zeithhaml, Parasuraman & Berry (dalam Hardiansyah 2011:46) yang didalamnya terdapat 5 dimensi yaitu : bentuk fisik, empati, daya tanggap, keandalan dan jaminan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif asosiatif, karena untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan ( observasi, wawancara, angket). Populasi dalam penelitian adalah jumlah keseluruhan masyarakat kota Bogor yang melaksanakan pengujian kendaraan bermotor berkala (khusus kendaraan umum angkutan kota) dari hasil rata-rata kendaraan yang melaksanakan pengujian berkala periode januari-Desember 2018, diperoleh hasil sebanyak 377 angkutan. dan jumlah pegawai bagian penguji sebanyak 18 orang. Untuk menentukan besaran sampel digunakan rumus Yamane sehingga didapatkan hasil sampel sebanyak 79 responden untuk masyarakat, sedangkan untuk pegawai semua populasi dijadikan sampel, sehingga total keseluruhan sampel yaitu 97 responden. Teknik analisis data yaitu menggunakan penghitungan WMS ( Weight Mean Score). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil variabel X sebesar 3,94 yang termasuk dalam kriteria baik, dan untuk variabel Y didapatkan hasil sebesar 3,91 yang termasuk dalam kriteria baik. sedangkan untuk mencari hubungan korelasi rank spearman digunakan penghitungan aplikasi SPSS 20.0 dengan hasil 0.600 dan penghitungan secara manual sebesar 0.612 ** artinya hubungan pengaruh pengujian kendaraan bermotor berkala angkutan kota di Dinas Perhubungan Kota Bogor kuat dan searah. Walaupun sudah dikatakan demikian tetap masih ada saja kekurangan berupa keluhan dari masyarakat terkait luas lahan parkir dan ruang tunggu yang dinilai masyarakat masih kurang sehingga masih perlu adanya perbaikan fasilitas. Kata kunci : Kinerja Pegawai, kualitas pelayanan, PKB 
Institution Info

Universitas Djuanda