DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KTP-el PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BOGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Dinillah, Kunco
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-08-07 13:13:58 
Abstract :
Kunco Dinillah, Pembimbing I Denny Hernawan, Drs., M.A, Pembimbing II R. Akhmad Munjin, Drs., M.Si. Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor 2019. Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP-el Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dalam berbagai lini kehidupan dan kebutuhan akan dokumen setiap warga negara menjadi suatu keharusan yang dimiliki. Hal ini semakin membuat pelaku atau pelaksana dalam pembuatan dokumen dalam hal ini pemerintah terkait menempatkan dirinya untuk lebih mengembangkan inovasi dalam memberikan pelayanan publik yang maksimal. Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat dengan tujuan memudahkan, menyederhanakan sistem dan menjamin transparansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan pembuatan KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini aadalah metode deskriptif yaitu uraian yang berupa penggambaran untuk menjelaskan jawaban-jawaban yang diberikan responden dalam kuesioner, data-data yang diperoleh melalui wawancara, studi pustaka dan observasi. Penelitian ini bekaitan dengan satu variabel yaitu kualitas pelayanan sebagai variabel indipenden. Variabel tersebut bersifat Kualitatif sehingga untuk mengkuantitatifkannya peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrument utama untuk pengumpulan data. Dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan KTP-el pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor menurut responden termasuk dalam kriteria cukup baik. Hal ini dijelaskan bahwa dalam penyelesaian pelayanan KTP-el belum optimal dari segi kecepatan dalam pencetakan yang harus menunggu blanko dari pusat hingga fasilitas yang kurang memadai ketidaktersedian bangku untuk menampung masyarakat dan sikap petugas terhadap masyarakat yang kurang ramah terhadap masyarakat. Kata kunci : Kualitas Pelayanan KTP-el 
Institution Info

Universitas Djuanda