DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA PASAR TERHADAP PARTISIPASI PEDAGANG DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PASAR DI PASAR GUNUNG BATU, BOGOR KOTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
PRASETIO, EKO
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-08-16 08:03:25 
Abstract :
EKO PRASETIO, Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2017. Pengaruh Komunikasi Kepala Pasar Terhadap Partisipasi Pedagang Dalam Melaksanakan Program Pasar di Pasar Gunung Batu, Bogor Kota. Pembimbing I : Dr. Abubakar Iskandar, Drs., M.Si., Pembimbing II : Dra. Ginung Pratidina, M.Si. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Pelaksaaan komunikasi kepala pasar dalam mensosialisasikan program pasar. (2) Pengaruh komunikasi kepala pasar terhadap partisipasi pedagang pasar dalam melaksanakan program pasar. (3) Tingkat partisipasi pedagang dalam melaksanakan program pasar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif-asosiatif yang bertujuan untuk memahami, menjelaskan dan memperoleh gambaran tentang bagaimana pengaruh komunikasi Kepala Pasar terhadap partisipasi Pedagang dalam melaksanakan program pasar di Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota, Unit Pasar Gunung Batu Kota Bogor. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrument kuisioner. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis Weight Mean Score (WMS) dan korelasi Pearson Product Moment (PPM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi Kepala Pasar mempunyai pengaruh yang positif terhadap partisipasi pedagang. Hal ini karena sosialisasi yang dilakukan kepala pasar dapat dipahami dan mempengaruhi pedagang dalam berpartisipasi terhadap program-program pasar. Kata Kunci : komunikasi, kepala pasar, partisipasi, pedagang, program pasar 
Institution Info

Universitas Djuanda