DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DESAIN VISUAL KEMASAN ROKOK TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH MEREK ROKOK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Hakim, Imam Abdul
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-08-19 07:07:14 
Abstract :
Imam Abdul Hakim, Program Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor 2018. Pengaruh desain visual kemasan rokok terhadap minat masyarakat dalam memilih merek rokok (studi kuantitatif pada masyarakat desa bendungan rt 03 rw 06). Pembimbing I : Muhammad Luthfie, M.Si. Pembimbing II : Agustini, M.Si. Penelitian memfokuskan pada desain visual kemasan rokok terhadap minat masyarakat dalam memilih merek rokok. Kemasan menjadi salah satu faktor yang menjadi pilihan masyarakat dalam menentukan merek rokok. Kemasan yang mampu menjadi daya tarik pelanggan harus di desain sedemikian rupa agar dapat bersaing demi menjadi minat masyarakat dalam memilih merek rokok. Tujuan penelitian untuk (1). Menganalisis desain visual kemasan rokok yang diminati masyarakat dalam memilih merek rokok. (2). Menganalisis minat masyarakat dalam memilih merek rokok. (3). Menganalisis pengaruh desain visual kemasan rokok terhadap minat masyarakat dalam memilih merek rokok. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Untuk teknik pengumpulan datanya yaitu dengan kuesioner yang kemudian di analisis dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman, populasi dan sampelnya adalah masyarakat Desa Bendungan RT 03 RW 06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain visual kemasan rokok yang terdiri dari desain gambar, desain warna, desain harga, desain merek/logo dan kata himbauan dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih merek rokok dalam arti kemasan yang menarik dapat menimbulkan daya minat masyarakat untuk memilih merek rokok. Kata Kunci : Desain Visual, Kemasan Rokok, Minat Masyarakat, Memilih Merek Rokok 
Institution Info

Universitas Djuanda