Abstract :
Agus Yulianto. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Tulisan Berantai (Chain
Writing) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iv Sdn 1
Kompa Sukabumi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik
dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai
dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan penelitian Progress in International
Reading Literacy Study (PIRLS) dalam bidang membaca pada peserta didik
seluruh dunia dibawah koordinasi The International Association for Evaluation of
Educational Achievement (IEA) yang diikuti 45 negara atau negara bagian, baik
berasal dari negara maju maupun dari negara berkembang, hasilnya
memperlihatkan bahwa peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke 42 yang
dilakukan objek penelitian minat baca dan menulis dengan jumlah skor 428. Oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap keterampilan menulis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi
siswa menggunakan metode pembelajaran chain writing. Penelitian dilaksanakan
di SDN 1 Kompa, yang terletak di Jl.Raya Parungkuda No. 13, Bojongkokosan,
Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Khususnya
di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, desain
penelitian yang digunakan adalah Only Pretest-Posttest Control Group Design.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 32 siswa dan kelas
IVC sebanyak 25 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes
produk, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir uji two
sample t-test pada keterampilan menulis teks eksposisi siswa diperoleh
signifikansi hitung yakni 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa pengaruh metode pembelajaran chain writing efektif dalam
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas IV SDN 1 Kompa Sukabumi.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Chain Writing, Teks Eksposisi, Bahasa
Indonesia.