DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TL'NARUNGU DALAM MENYELESAIKAN MASALAB OPERASI TIITUNG BILANGAN DI SLB-B
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
KURNIA NURHABIBAH, DEWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-08-30 01:40:01 
Abstract :
Dewi Kania Nurhabibah. NIM H. 1610401. Kemampuan Cara Berpikir Matematis Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Operasi Hitung Bilangan di SLB-B. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Djuanda Bogor. 2020. Kemampuan cara berpikir matematis ialah kemampuan mengeksplorasi, menetapkan praduga serta menetapkan alasan logis agar dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika. Penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan operasi hitung bilangan serta sering dialami oleh berbagai pihak, begitupun juga dialami oleh siswa tunarungu. Oleh karena itu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah pada operasi hitung bilangan perlu dikuasai oleh para siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, hasil tes, dan observasi. Validasi yang digunakan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar, yaitu para siswa tunarungu memiliki kecapan dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan secara sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan masalah selalu mengasosiasikan permasalahan dengan kehidupan nyata para siswa tunarungu. Kepercayaan para siswa tunarungu terhadap matematika dipengaruhi oleh pemahaman konsep operasi hitung bilangan pada masing-masing siswa. Kemampuan para siswa tunarungu dalam meyakinkan jawaban penyelesaian masalah operasi hitung bilangan, yaitu memiliki keyakinan yang tinggi pada operasi hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan, sedangkan keyakinan yang rendah pada operasi hitung bilangan perkalian dan pembagian. Kata Kunci : Berpikir Matematis, Operasi Hitung, Siswa Tunarungu 
Institution Info

Universitas Djuanda