Abstract :
Dewi Kania Nurhabibah. NIM H. 1610401. Kemampuan Cara Berpikir
Matematis Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Operasi
Hitung Bilangan di SLB-B. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Djuanda Bogor. 2020.
Kemampuan cara berpikir matematis ialah kemampuan mengeksplorasi,
menetapkan praduga serta menetapkan alasan logis agar dapat memecahkan
masalah yang berkaitan dengan matematika. Penyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan operasi hitung bilangan serta sering
dialami oleh berbagai pihak, begitupun juga dialami oleh siswa tunarungu. Oleh
karena itu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam
menyelesaikan masalah pada operasi hitung bilangan perlu dikuasai oleh para
siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan cara
berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung
bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus. Data
dikumpulkan melalui teknik wawancara, hasil tes, dan observasi. Validasi yang
digunakan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian yang
diperoleh yaitu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam
menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar,
yaitu para siswa tunarungu memiliki kecapan dalam menyelesaikan masalah
operasi hitung bilangan secara sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam
menyelesaikan masalah selalu mengasosiasikan permasalahan dengan kehidupan
nyata para siswa tunarungu. Kepercayaan para siswa tunarungu terhadap
matematika dipengaruhi oleh pemahaman konsep operasi hitung bilangan pada
masing-masing siswa. Kemampuan para siswa tunarungu dalam meyakinkan
jawaban penyelesaian masalah operasi hitung bilangan, yaitu memiliki keyakinan
yang tinggi pada operasi hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan,
sedangkan keyakinan yang rendah pada operasi hitung bilangan perkalian dan
pembagian.
Kata Kunci : Berpikir Matematis, Operasi Hitung, Siswa Tunarungu