Abstract :
Hesty Wahyu Agustin, NIM: H.1610907. Analisis Pembelajaran
Matematika Siswa Retardasi Mental (Rm) Dalam Kelas Inklusif. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pembelajaran matematika siswa RM
dalam kelas inklusif yang terdiri dari cara menulis, penyelesaian soal, dan
pemahaman soal matematika, serta perilaku siswa RM terhadap guru dan siswa,
guru terhadap siswa RM, dan siswa reguler terhadap siswa RM selama
pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan
data yang dilakukan yaitu wawancara dan telaah artikel. Teknik analisis data
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
untuk memperoleh data yang valid. Penelitian dilaksanakan di SDN Tapos 4
Depok, menghasilkan temuan berupa gambaran siswa RM selama pembelajaran
matematika di kelas inklusif. Penelitian ini mampu menjadi gambaran para
pendidik yang menghadapi siswa RM, sehingga pendidik tahu perilaku yang harus
diterapkan untuk siswa RM, mengetahui perilaku siswa RM selama pembelajaran
dan perilaku yang harus diterapkan siswa reguler agar pembelajaran di kelas
inklusif dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Retardasi Mental, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran ABK,
Kelas Inklusif.