Abstract :
da Mardiana. NIM. H1610109. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi dan
Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kertamaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.
Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa
untuk berdialog dan bertukar pendapat dengan tujuan agar siswa terdorong untuk
berpartisipasi aktif, termotivasi dan mendapatkan pemahaman pembelajaran yang
bermakna dan melatih pembentukan sikap bertanggung jawab dalam memecahkan
permasalahan dalam kegiatan belajar. Permasalahan utama yang terjadi di lapangan
yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan permasalahan
tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran diskusi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil
belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor. Jenis
penelitian ini kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Data
diperoleh dengan menggunakan teknik tes hasil belajar, angket, observasi dan
wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis
inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai posttest kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t hitung > t tabel (4,793 > 1,999)
dengan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,005). Dan hasil motivasi
belajar siswa memperoleh nilai t hitung > t tabel ( 12,195 > 1,999) dengan nilai
signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,05). Hasil dari analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor.
Kata kunci: Metode Diskusi, Motivasi, Hasil Belajar, IPA