Abstract :
Inda Febrianti NIM H.1610207 Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Banjarwaru 01.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda. 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi fungsional.
Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Banjarwaru 01 yang berjumlah 52 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel
jenuh karena menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur aktivitas
belajar dan soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah
matematika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan
aplikasi IBM SPSS Statistics 22.0 dan penelitian ini menggunakan analisis regresi
sederhana yang terlebih dahulu menggunakan analisis korelasi dengan metode
Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh analisis korelasi
Rank Spearman dengan hasil rhitung > rtabel (0,286 > 0,273) pada taraf signifikansi
5% yang berarti bahwa adanya hubungan antara variabel aktivitas belajar terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemudian hasil penelitian ini
menunjukan bahwa persamaan regresi yaitu hasil pengujian melalui analisis
regresi menunjukkan adanya kesamaan regresi ? 18,910 + 0,286 X sehingga
dapat dikatakan terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika dengan hubungan yang berbanding lurus dimana
semakin tinggi aktivitas belajar maka semakin naik kemampuan pemecahan
masalah matematika. Koefisien determinasi yaitu 0,2862
= 0,082 atau 8,2%
variabel aktivitas belajar menentukan variabel kemampuan pemecahan masalah
matematika. Uji signifikansi menggunakan uji t hingga diperoleh nilai, thitung >
ttabel (0,2114 > 0,2008) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil kesimpulan
dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
aktivitas belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas IV
SDN Banjarwaru 01.
Kata kunci : aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah, matematika
sekolah dasar.