Abstract :
Muhamad Sugih Nulhakim. NIM: H.1610102 Evaluasi penerapan
pendidikan anti korupsi di SDN Sindang Barang 2. Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pendidikan
anti korupsi di SDN Sindang Barang 2 tahun ajaran 2019/2020. (2) Pelaksanaan
pendidikan anti korupsi di SDN Sindang Barang 2 tahun ajaran 2019/2020. (3)
Hasil penerapan pendidikan anti korupsi di SDN Sindang Barang 2 tahun ajaran
2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan evaluasi dengan model evaluasi Stake. Subjek penelitian terdiri dari
kepala bidang sekolah dasar dinas pendidikan Kota Bogor, kepala sekolah, guru,
dan peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi,
dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penerapan pendidikan anti korupsi
yaitu: (1) Perencanaan: sebelum diterapkannya pendidikan anti korupsi, istilah
korupsi selalu berorientasi pada materi/uang, dan guru kurang menyampaikan
nilai-nilai karakter; SDN Sindang Barang 2 telah memiliki silabus pendidikan anti
korupsi yang menjadi acuan penyelenggaraan; sosialisasi pendidikan anti korupsi
telah diikuti oleh SDN Sindang Barang 2; dan hasil yang diharapkan dari
penyelenggaraan pendidikan anti korupsi yaitu terciptanya siswa yang memiliki
karakter anti korupsi. (2) Pelaksanaan: terintegrasi kedalam mata pelajaran dan
kegiatan; penyampaian nilai-nilai anti korupsi pada saat upacara; memiliki
lemari/rak yang bisa dijadikan untuk menampung barang/benda tak tuan, namun
dari hasil wawancara mereka juga memiliki petugas khusus; guru juga berperan
sebagai teladan. (3) Hasil: karakter siswa menjadi lebih baik dengan tingkat
persentase 76,24% atau cukup baik pada hasil kuesioner; tidak ada hambatan yang
dirasakan dalam menerapkan pendidikan anti korupsi; sementara itu, faktor
pendukung dalam penerapan pendidikan anti korupsi yaitu dukungan dari
berbagai pihak dan properti penunjang.
Kata kunci: Evaluasi, Pendidikan Anti Korupsi, Sekolah Dasar