Abstract :
Neng Tantri Rosmiasari. (H.1610027). Analisis Implementasi Pembelajaran
Menggunakan Kurikulum 2013 untuk Anak Siswa Berkebutuhan Khusus
(ABK) di Kelas Inklusif. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. (2020).
Pendidikan inklusif adalah suatu strategi dalam pendidikan dimana siswa
ABK dan siswa reguler dapat mengikuti pendidikan secara bersama-sama di
sekolah reguler (umum). Kurikulum yang digunakan penting untuk kelangsungan
pembelajaran, dan kurikulum yang digunakan kurikulum yang terintegrasi antara
siswa ABK dan siswa reguler atau kurikulum yang tidak sesuai dengan
karakteristik siswa ABK. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian
pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 untuk siswa ABK.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan kurikulum 2013 sesuai
dengan karakteristik siswa ABK, 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan
kurikulum 2013 sesuai dengan karakteristik siswa ABK, 3) Penilaian
pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan kurikulum 2013 sesuai
dengan karakteristik siswa ABK, 4)Peran sekolah dalam mengimplementasikan
pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 untuk siswa ABK. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan telaah artikel. Adapun
latar penelitian ini yaitu di SDN 2 Cisaat dan SDN Manggishilir. Penelitian ini
menghasilkan temuan berupa gambaran implementasi pembelajaran kurikulum
2013 untuk siswa ABK bahwa RPP yang digunakan belum sesuai dengan
karakteristik siswa ABK, dalam pelaksanaan guru menggunakan metode dan
media yang sesuai dengan karakteristik siswa ABK dan penilaian yang digunakan
masih terintegrasi dengan siswa reguler.
Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, pendidikan inklusif,
pembelajaran ABK