Abstract :
Risna Januati, NIM: H.1610226 ?Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Audiovisual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi IPA Di
SDN Siliwangi?. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kreativitas siswa.
Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni kurangnya pemakaian
media pembelajaran audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Desain penelitian
menggunakan posttest only control group design, terdapat 2 kelas pada
penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas
mendapatkan 3 kali treatment dan 1 kali posttest. Sample penelitian ini
sebanyak 56 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel
random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
menggunakan observasi dan penilaian hasil kreativitas siswa. Adapun
pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan independent
simple t-test untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil pembahasan tentang penggunaan media
pembelajaran video, peneliti mengambil simpulan bahwa penggunaan media
pembelajaran video sangat efektif diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan
hasil analisis data uji independent sampel t-test pada taraf signifikansi 5%
pada kreativitas siswa, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari
0,05 yaitu 0,001, maka nilai Sig. < 0,05 = (0,001 < 0,05).
Kata kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, IPA, Kreativitas