Abstract :
Ira Damayanti. NIM: H.1610070. Pengaruh Media Kulit Kerang
Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas V SDN 17
Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Matematika termasuk salah satu ilmu pendidikan yang sangat penting karena
dimana ilmu ini sangat berhubungan erat dengan penyelesaian masalah yang kita
jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataan di masyarakat luar
matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit sehingga banyak yang
tidak memahami bagaimana matematika itu sendiri. Media pembelajaran
merupakan suatu alat atau perantara yang bisa digunakan guru untuk menunjang
pembelajaran agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini
menggunakan media kulit kerang sebagai media pembelajaran yang dijadikan
tolak ukur untuk mengetahui apakah media kulit kerang berpengaruh terhadap
pemahaman konsep matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only group design. Subjek pada
penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN 17 Tanjungpandan, dimana V.2
sebagai kelompok eksperimen dan kelas V.3 sebagai kelompok kontrol yang
ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini kedua
kelompok diberikan posttest yang hasilnya kemudian dianalisis pada analisis
deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS 20.0. Dari hasil posttest t
hitung (0,059)> r tabel (0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh
media kulit kerang terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas
V, hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan.
Kata Kunci: Media Kulit Kerang dan Pemahaman Konsep Matematika