DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
DAMAYANTI, IRA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-08-31 04:09:46 
Abstract :
Ira Damayanti. NIM: H.1610070. Pengaruh Media Kulit Kerang Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas V SDN 17 Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016. Matematika termasuk salah satu ilmu pendidikan yang sangat penting karena dimana ilmu ini sangat berhubungan erat dengan penyelesaian masalah yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataan di masyarakat luar matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit sehingga banyak yang tidak memahami bagaimana matematika itu sendiri. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang bisa digunakan guru untuk menunjang pembelajaran agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan media kulit kerang sebagai media pembelajaran yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui apakah media kulit kerang berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only group design. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN 17 Tanjungpandan, dimana V.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V.3 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini kedua kelompok diberikan posttest yang hasilnya kemudian dianalisis pada analisis deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS 20.0. Dari hasil posttest t hitung (0,059)> r tabel (0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh media kulit kerang terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V, hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan. Kata Kunci: Media Kulit Kerang dan Pemahaman Konsep Matematika 
Institution Info

Universitas Djuanda