Abstract :
Maya Sofiyanti, 2020. Pengelolaan Kesiswaan dalam Menciptakan Suasana
Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.
Salah satu yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di sekolah ini
yaitu banyak orang tua yang ingin memasukan anak-anaknya ke SDIT At-Thoriq.
Padahal dilihat dari segi pemasaran SDIT At-Thoriq tidak menyebarluaskan informasi
melalui brosur, spanduk ataupun media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran
yang efektif dan efisien di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor. Jenis penelitian kualitatif
dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data
Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan teknik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan
suasana pembelajaran yang efektif dan efisien dilakukan mulai dari penerimaan
peserta didik baru yang dilakukan dengan sistem administrasi dan seleksi. Adapun
beberapa hal yang dilakukan pada saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru
yaitu meliputi pembentukan panitia, rapat penerimaan, pembuatan pengumuman,
pemasangan pengumuman, pendaftaran, seleksi, rapat penentuan, pengumuman calon
peserta didik yang diterima dan pendaftaran ulang. Melakukan kegiatan pembinaan
kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan keagamaan, keteladanan, bimbingan dan
ekstrakurikuler serta adanya pengembangan diri yang dilakukan melalui kegiatan
pramuka, taekwondo, marching band, paduan suara, kesenian, kursus bahasa inggris
dan bahasa arab, komputer, marawis dan tahfizul quran.
Kata kunci: Maya Sofiyanti, 2020. Pengelolaan Kesiswaan dalam Menciptakan Suasana
Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.
Salah satu yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di sekolah ini
yaitu banyak orang tua yang ingin memasukan anak-anaknya ke SDIT At-Thoriq.
Padahal dilihat dari segi pemasaran SDIT At-Thoriq tidak menyebarluaskan informasi
melalui brosur, spanduk ataupun media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran
yang efektif dan efisien di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor. Jenis penelitian kualitatif
dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data
Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan teknik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan
suasana pembelajaran yang efektif dan efisien dilakukan mulai dari penerimaan
peserta didik baru yang dilakukan dengan sistem administrasi dan seleksi. Adapun
beberapa hal yang dilakukan pada saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru
yaitu meliputi pembentukan panitia, rapat penerimaan, pembuatan pengumuman,
pemasangan pengumuman, pendaftaran, seleksi, rapat penentuan, pengumuman calon
peserta didik yang diterima dan pendaftaran ulang. Melakukan kegiatan pembinaan
kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan keagamaan, keteladanan, bimbingan dan
ekstrakurikuler serta adanya pengembangan diri yang dilakukan melalui kegiatan
pramuka, taekwondo, marching band, paduan suara, kesenian, kursus bahasa inggris
dan bahasa arab, komputer, marawis dan tahfizul quran.
Kata kunci: pengelolaan, kesiswaan, pembelajaran