Abstract :
Muthia Andini. NIM: H.1611237 Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SDN 1 Kompa Sukabumi.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Peran guru sangat penting dalam menentukan kualitas maupun kuantitas
pembelajaran. Guru harus membuat dan memikirkan perencanaan pembelajaran
agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan optimal sehingga
peserta didik dapat memahami suatu pembelajaran dengan mudah dan
meningkatkan hasil pembelajaran bagi peserta didik. Pada kenyataannya masih
banyak guru yang kurang memperhatikan tahap perkembangan belajar dan
pembelajaran bermakna bagi peserta didik dalam proses pembelajaran
matematika. Data yang diperoleh dari guru kelas V SDN 1 Kompa menunjukkan
bahwa hasil nilai rata-rata ulangan semester 1 matematika peserta didik adalah 65
dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Nilai terendah
ulangan matematika yang diperoleh yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu
80. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 1 Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten
Sukabumi, khususnya di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
kuasi, desain penelitian yang digunakan adalah Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yaitu sebanyak
64 peserta didik dari dua kelas. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil akhir uji one sample t-test pada hasil belajar matematika diperoleh
signifikansi hitung yakni 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran
matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1
Kompa Sukabumi.
Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika.