DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SDN 1 Kompa Sukabumi.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
ANDHINI, MUTIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-09-06 02:25:59 
Abstract :
Muthia Andini. NIM: H.1611237 Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SDN 1 Kompa Sukabumi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Peran guru sangat penting dalam menentukan kualitas maupun kuantitas pembelajaran. Guru harus membuat dan memikirkan perencanaan pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan optimal sehingga peserta didik dapat memahami suatu pembelajaran dengan mudah dan meningkatkan hasil pembelajaran bagi peserta didik. Pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang memperhatikan tahap perkembangan belajar dan pembelajaran bermakna bagi peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Data yang diperoleh dari guru kelas V SDN 1 Kompa menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata ulangan semester 1 matematika peserta didik adalah 65 dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Nilai terendah ulangan matematika yang diperoleh yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 80. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, khususnya di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, desain penelitian yang digunakan adalah Only Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yaitu sebanyak 64 peserta didik dari dua kelas. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir uji one sample t-test pada hasil belajar matematika diperoleh signifikansi hitung yakni 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1 Kompa Sukabumi. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika. 
Institution Info

Universitas Djuanda