Abstract :
Evi Latifah. NIM: H.1610021 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Islam
Terpadu Al-Fatih Cigombong. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penggunaan media pembelajaran yang menarik, dapat meningkatkan
motivasi belajar peserta didik, menghilangkan bosan, dan semangat dalam
mengikuti pembelajaran, Media pembelajaran sebagai alat untuk mendorong
peserta didik dalam mencapai kompetensinya, selain itu dapat memotivasi peserta
didik dalam belajarnya. Untuk itu, pendidik mempunyai peran dalam
menggunakan media pembelajaran khususnya media teknologi. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menguji, pengaruh signifikan media pembelajaran quizizz
terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu AlFatih Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Teknik penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian yaitu korelasi
fungsional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket kuesioner,
dengan jumlah responden seluruh peserta didik kelas VI SDIT Al-Fatih sebanyak
42 peserta didik. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh
signifikan antara penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap motivasi
belajar peserta didik diketahui nilai thitung 4,854 > 2,021 ttabel atau nilai thitung lebih
besar dari ttabel dengan taraf kesalahannya adalah 5% dengan hasil signifikan
0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh yaitu sebesar
37,1%, sedangkan pengaruh dari luar yang tidak ada dalam penelitian yaitu
sebesar 62.9%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh
yang signifikan penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap motivasi belajar
peserta didik.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizizz, Motivasi Belajar