Abstract :
Dinni Oktaviyani H.1610246, Strategi Penilaian Kognitif Siswa di SD
Negeri Muarasari 3 dengan Menggunakann Metode Analytic Network Process
(ANP), Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penilaian kognitif siswa
yang terbaik di SD Negeri Muarasari 3. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti
menggunakan metode teknik cara pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan analisis data. Sistem pendukung dalam
penelitian ini menggunakan metode Analytic Network Process (ANP), ANP
merupakan metode untuk menentukan prioritas pilihan dengan banyak kriteria
dalam strategi penilaian kogntifi siswa seperti Assessment, Assignment, and
Presentation.
Hasil penelitian ini munjukkan bahwa penilaian kognitif siswa di SD
Negeri Muarasari 3 yang terbaik yaitu Ujian kenaikan kelas (2.08), mengarang
(2.00), dan Deskripsi (2.00).
KataKunci : ANP, Kognitif, Penilaian.