Abstract :
Euis Kurnia. NIM : F. 1611061, ?Pengaruh Adversity Quotient terhadap
Kemampuan Menghafal Al-Qur?an Santri di SMP Qur?an As-Salaam Bogor?.
Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2020
Kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur?an tentunya berbeda-beda
antara satu dengan yang lainnya. Untuk mencapai target hafalannya, setiap santri
diharapkan mempunyai adversity quotient. Adversity quotient adalah kemampuan
bertahan seseorang dalam menghadapi kesulitan, baik itu yang berasal dari faktor
internal maupun eksternal. Faktor internal antara lain dipengaruhi oleh diri sendiri
seperti kecerdasan, motivasi, minat dan bakat. Faktor eksternal antara lain latar
belakang pendidikan yang berbeda dari sebelumnya dan lingkungan belajar yang
baru yang membutuhkan penyesuaian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient
terhadap kemampuan menghafal Al-Qur?an santri. Penelitian ini dilakukan di
sekolah swasta menengah pertama yang mengkhususkan pada tahfizhul
Qur?an di SMP Qur?an As-Salaam Bogor. Subjek penelitian pada penelitian ini
berjumlah 135 santri yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang diambil dengan
teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah
metode kuantitatif dengan menggunakan skala adversity quotient dan kemampuan
menghafal Al-Qur?an santri dengan menggunakan dokumentasi nilai Hifzhul
Qur?an. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai R Square yaitu 0,288 atau
28,8%. Artinya besarnya sumbangan faktor adversity quotient terhadap
kemampuan menghafal Al-Qur?an santri sebesar 28,8% sedangkan sisanya
sebesar 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu hasil pengujian hipotesis
dengan uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini
ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel yakni 7,327 > 1,656 dan hasil signifikansi
yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient (variabel X) terhadap
kemampuan menghafal Al-Qur?an santri (variabel Y).
Kata kunci: Adversity Quotient, Kemampuan Menghafal Al-Qur?an Santri.