Abstract :
Muhammad Mu?min. NIM : F.1610056 Ikhtilaf Al-i?rab dalam AlQur?an surat Al-Insan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah
Tsanawiyyah. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pengalaman dan pengamatan penitili
akan minimnya penggunaan ayat-ayat Al-Qur?an sebagai bahan ajar pada
pembelajaran nahwu di Madrasah Tsanawiyah, selain itu masih banyak pelajar
muslim pada khususnya yang masih kesulitan dalam mengi?rab kalimat-kalimat
bahasa arab, sehingga penelitian mengenai ikhtilaf i?rab ini sangat penting karena
berguna untuk menghindarkan kita dari kesalahan dalam memahami Al-Qur?an
maupun teks-teks Arab lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
aspek-aspek ikhtilaf i?rab dalam surat Al-Insan, sehingga dapat diketahui faktorfaktor penyebab perbedaannya dan pengaruhnya terhadap makna. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu
penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi, dan implementasi
model secara kualitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan dan
mengungkapkan permasalahan sistematis, dengan cara mendeskripsikan data-data
yang kemudian disusul dengan analisis. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha
menganalisa objek penelitian untuk digambarkan sebagaimana adanya.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini bahwa dalam surat Al-insan ini
terdapat 10 kata yang mengandung ikhtilaf i?rab didalamnya, 8 kata disebabkan
karena aspek bahasa dan 2 kata disebabkan karena aspek qiraat al-Qur?an.
Kata Kunci : Analisis, Ikhtilaf I?rab, Pembelajaran Nahwu.