Abstract :
Muhamad Turmuzi Tahir NIM F.1610783. Pondok pesantren Darussalam Gontor
merupakan pesantren yang banyak diminati oleh para peserta didik, hal ini
merupakan dari proses implementasi kurikulum serta kegiatan belajar mengajar
yang profesional. Oleh karena itu beberapa pesantren menggunakan kurikulum
model Gontor.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum model
Gontor dan proses kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren Rafah. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah
dengan uji kredibilitas tringulasi data, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah
pimpinan pesantren, Direktur TMI dan Staf TMI. Hasil penelitian ini di dalam
proses implementasi kurikulum di pondok pesantren Rafah yang menggunakan
kurikulum TMI di implementasikan dengan Silabus TMI, buku pelajaran
bersumber dari Gontor dan SDM yang memahami kurikulum TMI serta kegiatankegiatan yang mendukung atas tercapainya visi dan misi pondok pesantren Rafah,
hal ini di kelola dengan efektif dan efisien dengan berbagai program yang
dilakukan oleh dewan guru, pondok pesantren Rafah menjadikan program Tahfiz
menjadi program unggulan, yang mana pengelolaan waktu program tahfiz dengan
kurikulum TMI dikelola dengan baik, serta persiapan SDM guru Tahfiz yang
profesional dan proses KTT di pesantren Rafah dilakukan dengan berbagai
persiapan oleh guru pengajar, staf TMI dan para santri.
Persiapan bagi guru pengajar yaitu I?dad pelajaran yang akan diajarkan,
sedangkan untuk staf TMI mengontrol santri di asrama untuk mengikuti kegiatan
KTT. Materi pembelajaran mengikuti silabus dari Gontor sendiri, sedangkan
media pembelajaran disiapkan oleh guru sendiri dan di bantu oleh Staf TMI.