Abstract :
Yusi Sundari Choirunisa. NIM : F.1610433 Metode Analytic Network
Process Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Insan
Kamil Bogor. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan
metode Analytic Network Process serta implementasinya melalui teori bauran
pemasaran dan menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran
di SMP Insan Kamil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan
data yang dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan studi
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang
kesiswaan, wakil bidang humas, siswa dan alumni. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang paling efektif adalah
melalui Analytic Network Process yaitu strategi pemasaran secara langsung
dengan sub kriteria sosialisasi, nilai geomean yang dihasilkan sebesar 2.00.
Kedua, implementasi pemasaran dengan menerapkan teori bauran pemasaran
yaitu; produk, harga, tempat/lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik,
dan proses. Ketiga, faktor pendukung yaitu; stakeholder yang saling bekerjasama,
diantaranya majelis Al-ihya sebagai point center, website yang menyediakan
informasi secara lengkap, biaya yang terjangkau, menerapkan kurikulum berbasis
islam, banyaknya kegiatan promosi yang dilaksanakan, dan adanya pondok
pesantren. Keempat, faktor penghambat yaitu; munculnya sekolah umum yang
menerapkan kurikulum berbasis islam dan tidak adanya dana tetap dari
pemerintah sehingga SMP Insan Kamil Bogor selalu berhati-hati dalam
melaksanakan kegiatan promosi yang memerlukan biaya cukup besar.
Kata Kunci : Metode, Strategi, Pendidikan.