DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Jasa Pengiriman Paket “JNE” Agen Gurah-Kediri)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kadiri
Author
Wijaya, Irfan Surya
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2022-01-13 07:41:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Jasa Pengiriman Paket ?JNE? Agen Gurah-Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik serta telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu kongkrit, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Populasi yang digunakan peneliti adalah seluruh pelanggan Jasa Pengiriman Paket ?JNE? Agen Gurah-Kediri selama satu tahun terakhir, yang berjumlah 55.820 pelanggan, sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, regresi linier berganda, uji signifikan serempak (Uji F), uji t (parsial), dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Jasa Pengiriman Paket ?JNE? Agen Gurah-Kediri. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Jasa Pengiriman Paket ?JNE? Agen Gurah-Kediri. (3) Kualitas pelayanan dan kepercayaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jasa Pengiriman Paket ?JNE? Agen Gurah-Kediri. Hal ini diketahui dari nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 74,867 > 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa kedua variabel independen (X1 dan X2) berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 0,607 atau 60,7% yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan. Sedangkan sisanya 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas pelanggan. 
Institution Info

Universitas Kadiri