DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pelayanan Swamedikasi Dengan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Apotek Rizki Farma Blitar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kadiri
Author
Rachmawati, Tiyas
Subject
RZ Other systems of medicine 
Datestamp
2022-01-21 08:22:48 
Abstract :
Apotek merupakan salah satu tempat penyelenggaraan praktik kefarmasian yang memberikan pelayan berupa distribusi perbekalan farmasi kepada masyarakat. Sarana farmasi untuk melaksanakan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran dan penyerahan obat serta menyediakan sediaan kesehatan khususnya sediaan farmasi agar masyarakat dapat dengah mudah mendapatkan keperluan obat-obatan. Fungsi apotek sebagai sarana penyedia obat-obatan tentunya tidak terlepas dari pelayanan swamedikasi oleh apoteker. Pelayanan yang diberikan oleh apotek tentunya dapat memengaruhi keputusan pasien pasien untuk membeli ulang di apotek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan swamedikasi apotek dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 100 pasien swamedikasi di Apotek Rizki Farma Blitar. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik univariat dan bivariat (uji korelasi Spearman). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan pada pelayanan swamedikasi di Apotek Rizki Farma dengan kepuasan pelanggan apotek (p 0,410). Loyalitas pelanggan apotek juga tidak berhubungan dengan dengan pelayanan swamedikasi di Apotek Rizki Farma (p 0,287). Secara keseluruhan tanggapan pasien mengenai pelayanan swamedikasi baik. Sebagian besar merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Pasien juga memiliki tingkat loyalitas yang sangat baik terhadap Apotek Rizki Farma. Kata kunci : swamedikasi, loyalitas, kepuasan pelanggan, apotek 
Institution Info

Universitas Kadiri