DETAIL DOCUMENT
Kualitas Layanan Aplikasi Kai Access (Persepsi Dan Harapan Konsumen Pada Pembelian Tiket Kereta Api Lokal)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kadiri
Author
Prastawan, Yayan Alif
Subject
TS Manufactures 
Datestamp
2022-01-24 08:01:10 
Abstract :
Dalam kondisi saat ini yang serba cepat dan fleksibel, penggunaan aplikasi berbasis internet menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Internet digunakan untuk berbagai alasan, termasuk sebagai sumber informasi, metode komunikasi, media pasar, dan sistem sosial. PT. Kereta Api Indonesia melalui aplikasi yaitu KAI Access menghadirkan jasa layanan pembelian tiket kereta api lokal berbasis online dan saat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat persepsi dan harapan konsumen dalam menggunakan aplikasi tersebut untuk pemesanan tiket kereta api lokal dengan menggunakan dimensi e-service quality serta untuk mengetahui atribut service quality apa yang paling rendah terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan aplikasi tersebut dalam pemesanan tiket kereta api lokal. Dimensi-dimensi e-service quality yang digunakan adalah information quality, security, website functionality, customer relationship, serta responsiveness dan fulfillment. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan membagikan kuesioner persepsi konsumen dan kuesioner harapan konsumen dengan jumlah responden diambil 140 orang. Sementara data sekunder diperoleh dari jurnal penelitian, buku dan internet. Dari hasil penelitian diketahui bahwa masih terdapat gap antara nilai persepsi konsumen dan nilai harapan konsumen, dimana nilai persepsi konsumen masih lebih rendah daripada nilai harapan konsumen. Sementara dari kinerja item dapat diketahui bahwa dimensi yang mendapat nilai tingkat persepsi dan harapan dari konsumen diatas 90% adalah 2 dimensi, yaitu: information quality dan website functionality. Sementara dimensi yang mendapatkan nilai tingkat persepsi dan harapan dari konsumen dibawah 90% adalah 3 dimensi, yaitu: security, customer relationship, serta responsiveness dan fulfillment. Dan dimensi yang mendapatkan nilai paling rendah pada tingkat persepsi dan harapan dari konsumen adalah responsiveness dan fulfillment. Kata Kunci: E-Service Quality, KAI Access, Persepsi dan Harapan. 
Institution Info

Universitas Kadiri