DETAIL DOCUMENT
Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Di Kota Kediri (Studi Kasus Di SDN Betet I, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kadiri
Author
Bahar, Afando Okta
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-02-26 01:56:48 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah pertama mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di SDN Betet I Kediri. Kedua adalah Mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang menjadi hambatan dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di SDN Betet I Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tipe penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis Lokasi penelitian ini ditetapkan di SDN Betet I, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Adapun pertimbangan pemilihan lokasi ini adalah SD tersebut merupakan Untuk menentukan informan kunci (key informan) digunakan teknik purposive sampling, sedangkan untuk menetukan banyaknya sumber data digunkan teknik snowball sampling. penelitian ini menggunakan teknik Wawancara, Metode Observasi, Dokumentasi untuk mendapatkan data.Untuk menganalisis data yang telah diperoleh dari lapangan digunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermans. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara keseluruhan tentang implementasi pendidikan inklusif di SD Se Kota Kediri, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pendidikan inklusif di SD se Kota Kediri Belum dilaksanakan secara maksimal yang dikaji dari segi Komunikasi Kebijakan, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan Inklusif di SDN Betet I Kediri adalah dari segi Kompetensi Tenaga Pendidik sebagai Guru Pendamping khusus yang tidak memiliki latar belakang pendidikan anak berkebutuhan khusus dan Pendanaan operasional dan Insentif Guru yang masih sangat minim yang tidak sebanding dengan beban kerja yang di kerjakan. 
Institution Info

Universitas Kadiri