Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS Kesehatan di RS HVA Toeloengredjo Pare, serta faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS Kesehatan di RS HVA Toeloengredjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor pendukung yaitu (1) Sosialisasi dilakukan kepada seluruh petugas yang terkait dengan BPJS Kesehatan. (2) Memberikan informasi tentang BPJS Kesehatan dalam bentuk poster dan pamflet agar pasien dan keluarganya memahami informasi BPJS. (3) Tersedia fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) sikap masyarakat yang cenderung acuh terhadap sosialisasi yang diselenggarakan oleh pihak rumah sakit atau badan penyelenggara asuransi. (2) Tidak ada pelatihan sejak tahun 2016.
Kata Kunci: Analisis, Pelayanan, BPJS Kesehatan