Institusion
Universitas Kadiri
Author
Hastanti, Eka Rahma Fitria
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2023-02-08 05:36:21
Abstract :
Tugas utama aparatur pemerintah adalah melakukan pelayanan publik. Oleh karena itu, inovasi pelayanan publik penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang ada. Program E-SIAP menjadi salah satu layanan administrasi kependudukan yang menjadi pelayanan unggulan di masa pandemi Covid-19 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengkajian terhadap inovasi pelayanan E-SIAP serta faktor yang mendukung dan menghambat adanya inovasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini didapati hasil bahwa inovasi pelayanan E-SIAP di masa pandemi Covid-19 sudah baik dilihat dari 5 indikator yaitu relative advantage, companility, complexity, triability, dan observability. Terdapat beberapa faktor pendukung yaitu akses jaringan yang memadai dan adanya staff IT serta faktor penghambat yaitu kurang jumlah sumber daya manusia, kurangnya fasilitas laptop, dan sering terjadi kendala pada server E-SIAP.
Kata Kunci : Administrasi Kependudukan, Inovasi, Pelayanan Publik