DETAIL DOCUMENT
Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Wates - Ngadiluwih)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kadiri
Author
Sarfarinda, Yusma
Subject
TE Highway engineering. Roads and pavements 
Datestamp
2023-02-25 05:31:20 
Abstract :
Sebagian besar perkerasan jalan Kabupaten/Kota di Indonesia banyak yang mengalami kerusakan diakibatkan terjadinya repetisi beban lalu lintas yang diakibatkan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut, salah satunya adalah ruas jalan Wates ? Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Arus lalu lintas yang melewati ruas jalan ini di dominasi oleh kendaraan besar seperti truk pengangkut pasir, yang mengakibatkan penurunan jalan serta retak sedang hingga besar. Hal ini tentunya sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kekuatan jalan, Salah satu opsi yang bisa diterapkan adalah peningkatan jalan menggunakan perkerasan kaku. Agar didapatkan kualitas jalan yang baik untuk kondisi sekarang dan masa yang akan datang, maka peneliti akan merencanakan tebal perkerasan kaku pada ruas jalan Wates - Ngadiluwih menggunakan metode Bina Marga 2017 dan Rencana Anggaran Biaya yang diperlukan ruas tersebut. Berdasarkan perhitungan didapatkan hasil tebal pondasi bawah (beton kurus) sebesar 10 cm dan tebal perkerasan sebesar 20 cm, Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan dalam pekerjaan perkerasan kaku Ruas Jalan Wates ? Ngadiluwih menghabiskan biaya sebesar Rp.10.392.462.000,00 (Sepuluh Miliyar Tiga Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Empat Ratus Enam Puluh Dua Ribu Rupiah). Kata Kunci : Bina Marga 2017, Perkerasan Kaku, RAB, Tebal Perkerasan 
Institution Info

Universitas Kadiri