Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris keterlibatan siswa
dalam pembelajaran berbasis inkuiri pada kelompok belajar (KB) Kumbang
Belang. Penelitian ini fokus pada pengamatan keterlibatan siswa dalam
proses belajar di KB Kumbang Belang, Semarang. KB tersebut telah
menggunakan metode pembelajaran berbasis inkuiri dalam proses
pembelajarannya, metode Inkuiri merupakan metode yang mengajak siswa
untuk bereksplorasi dan menggali potensi yang mereka miliki. Berdasarkan
pada penelitian yang dilakukan kepada tiga subjek, terdapat dinamika
keterlibatan pada ketiganya. Subjek pertama merupakan siswa yang pendiam
dan kurang percaya diri, dan memiliki kesulitan untuk beradaptasi. Subjek
kedua sempat kehilangan motivasi karena masalah keluarga dan subjek
ketiga memiliki kendala kepercayaan diri karena merasa menjadi siswa
minoritas yakni laki-laki sendiri. Melalui pembelajaran berbasis inkuiri, siswa
diajak untuk bereksplorasi, belajar menghargai dan dihargai, perlahan siswa
menjadi berani dan meningkat kepercayaan dirinya. Selain itu para siswa
juga mendapat dukungan dari guru dan siswa lain sehingga siswa menjadi
termotivasi dan semangat dalam belajar. Ketiga subjek merasa senang
belajar di Kumbang Belang karena suasana dan metode belajar yang
dibangun tidak kaku. Para subjek juga terlibat dalam menentukan tema dan
tempat belajar, sehingga siswa memainkan andil besar dalam proses
pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh
pada kepercayaan diri siswa, siswa menjadi berani mengajukan pendapat
dan pertanyaan selama proses belajar berlangsung, sehingga suasana
belajar dapat lebih hidup dan siswa memahami materi pelajaran dengan lebih
baik.