Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian hardiness dan
persepsi tentang harapan orangtua dengan stres akademik. Hipotesis mayor
penelitian adalah ada hubungan kepribadian hardiness dan persepsi anak tentang
harapan orangtua dengan stres akademik. Hipotesis minor yaitu ada hubungan
negatif antara kepribadian hardiness dan stres akademik. Hipotesis minor yang
kedua, ada hubungan positif antara persepsi anak tentang harapan orangtua
dengan stres akademik. Jumlah populasi adalah 118 taruna-taruni SMK Pelayaran
Semarang. Sampel penelitian berjumlah 74 taruna-taruni. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster sampling. Ketiga variabel yaitu hardiness,
persepsi tentang harapan orang tua dan stres akademik diukur menggunakan
skala. Analisis data dengan menggunakan regresi dua prediktor dan teknik
korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang
sangat signifikan antara kepribadian hardiness dan persepsi tentang harapan
orangtua dengan stres akademik, dengan koefisien korelasi 0,399, F= 6,737 dan
p<0,01. Hasil uji korelasi product moment yang menguji hubungan antara
kepribadian hardiness dan stres akademik menghasilkan nilai rxy sebesar -0,305
dengan p<0,01, artinya ada hubungan negatif dan sangat signifikan antara
kepribadian hardiness dan stres akademik. Hasil korelasi product moment yang
menguji hubungan antara persepsi tentang harapan orangtua dengan stres
akademik menghasilkan rxy sebesar 0,275 dengan p<0,01, artinya ada hubungan
positif dan sangat signifikan antara persepsi tentang harapan orangtua dengan
stres akademik.