Abstract :
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji peningkatan kemampuan
membaca permulaan dengan menggunakan media flash card. Hipotesis penelitian
ini adalah media flash card efektif meningkatkan kemampuan membaca
permulaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest posttest
kontrol group design. Terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, dengan jumlah subjek masing-masing 5 orang siswa. Dari
analisis Mann?Whitney U diperoleh mean pretes kelompok kontrol sebesar 52,8
dan mean postes kelompok kontrol sebesar 59,6 sedangkan gain skore pada
kelompok kontrol sebesar 6,8. Mean pretes kelompok eksperimen sebesar 38,8
dan mean postes kelompok ekspeimen sebesar 73,6 sedangkan gain skore
kelompok eksperimen sebesar 34,8. Mean postes pada kelompok eksperimen
sesudah treatment lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen setelah diberikan treatment
berupa media flash card, subjek mengalami peningkatan kemampuan membaca
permulaan daripada kelompok kontrol dengan Z = -2,619 dan p < 0,01 berarti ada
perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok
eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa flash card dapat digunakan untuk
membantu guru secara efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada siswa kelas 1 SD.