Abstract :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sering disebut salah satu pilar kekuatan yang
menopang perekonomian suatu daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena UMKM mempunyai
fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan terhadap kondisi pasar yang dapat berubah dengan cepat
dibanding dengan perusahaan yang skala besar. UMKM di Indonesia yang terdiri dari berbagai
macam sektor usaha turut memberikan kontribusi yang besar dalam penerimaan PDB (Produk
Domestik Bruto). Selain itu UMKM juga memiliki berbagai keunggulan diantaranya mampu
mengangkat perekonomian rakyat sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,
menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap tenaga kerja.
Kampanye sosial Ale - Ale Indonesia merupakan suatu kampanye yang bertujuan untuk
memajukan UMKM Ketapang baik dari segi desain produk hingga penjualan produk UMKM.
Melihat produk yang ada di UMKM Ketapang masih sangat minim dalam desain pengemasan serta
pembelajaran pada para pelaku UMKM, kampanye sosial ini juga memiliki tujuan untuk
memajukan pikir para pelaku untuk lebih dapat berkreatif dan berinovasi dalam berbagai segi.
Sebenarnya UMKM Ketapang sendiri merupakan hasil yang benar ? benar murni milik
Ketapang, akan tetapi karena kurangnya sebuah materi maka secara tidak langsung ada juga UMKM
yang langsung untuk gulung tikar. Masalah yang mereka alami tidak sepenuhnya pemerintah dapat
membantu dan menangani. Sebagai contoh kurangnya modal usaha yang yang masih menjadi
kendala utama. Dengan masalah yang yang ada. Pemerintah pada intinya akan membantu jika setiap
UMKM mau untuk berusaha sekeras ? kerasnya. Bagi UMKM, pemerintah merupakan sebuah
investor yang diharapkan untuk mau menanamkan modal usaha tersebut. setidaknya dengan
memeberikan sedikit bantuan maka akan banyak sekali UMKM yang dapat bergerak kembali
Website penjualan yang merupakan hasil dari kampanye sosial ini. Nantinya sebagai
pendorong penjualan produk para pelaku UMKM untuk dapat dikenal oleh masyarakat, baik dari
warga lokal maupun luar negara. Sehingga dengan penjualan ini maka diharapkan nantinya dapat
pula meningkatkan pemasukan negara.
Kata kunci: UMKM, Kampanye Sosial, Website, Produk UMKM, Investasi Negara