DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN KAMPANYE CINTA PRODUK UMKM KABUPATEN KETAPANG MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
SUGIANTO, EKO
Subject
Visual Communication 
Datestamp
2023-01-18 06:21:51 
Abstract :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sering disebut salah satu pilar kekuatan yang menopang perekonomian suatu daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena UMKM mempunyai fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan terhadap kondisi pasar yang dapat berubah dengan cepat dibanding dengan perusahaan yang skala besar. UMKM di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam sektor usaha turut memberikan kontribusi yang besar dalam penerimaan PDB (Produk Domestik Bruto). Selain itu UMKM juga memiliki berbagai keunggulan diantaranya mampu mengangkat perekonomian rakyat sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat, menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap tenaga kerja. Kampanye sosial Ale - Ale Indonesia merupakan suatu kampanye yang bertujuan untuk memajukan UMKM Ketapang baik dari segi desain produk hingga penjualan produk UMKM. Melihat produk yang ada di UMKM Ketapang masih sangat minim dalam desain pengemasan serta pembelajaran pada para pelaku UMKM, kampanye sosial ini juga memiliki tujuan untuk memajukan pikir para pelaku untuk lebih dapat berkreatif dan berinovasi dalam berbagai segi. Sebenarnya UMKM Ketapang sendiri merupakan hasil yang benar ? benar murni milik Ketapang, akan tetapi karena kurangnya sebuah materi maka secara tidak langsung ada juga UMKM yang langsung untuk gulung tikar. Masalah yang mereka alami tidak sepenuhnya pemerintah dapat membantu dan menangani. Sebagai contoh kurangnya modal usaha yang yang masih menjadi kendala utama. Dengan masalah yang yang ada. Pemerintah pada intinya akan membantu jika setiap UMKM mau untuk berusaha sekeras ? kerasnya. Bagi UMKM, pemerintah merupakan sebuah investor yang diharapkan untuk mau menanamkan modal usaha tersebut. setidaknya dengan memeberikan sedikit bantuan maka akan banyak sekali UMKM yang dapat bergerak kembali Website penjualan yang merupakan hasil dari kampanye sosial ini. Nantinya sebagai pendorong penjualan produk para pelaku UMKM untuk dapat dikenal oleh masyarakat, baik dari warga lokal maupun luar negara. Sehingga dengan penjualan ini maka diharapkan nantinya dapat pula meningkatkan pemasukan negara. Kata kunci: UMKM, Kampanye Sosial, Website, Produk UMKM, Investasi Negara 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata