Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumuman dividen
pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh. Pengujian ini dilakukan untuk memperoleh
hasil yang lebih jelas tentang reaksi pasar terhadap pengumuman dividen karena selama ini
masih diperoleh hasil penelitian yang berbeda-beda.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI
tahun 2007-2009. Dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2007-2009
diperoleh sampel secara keseluruhan sejumlah 83 perusahaan manufaktur dengan kriteriakriteria
tertentu. Pengolahan data dilakukan dengan uji beda t-test untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen meningkat dan menurun yang
diukur dengan AAR (Average Abnormal Return).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pasar tidak bereaksi positif terhadap
pengumuman dividen meningkat, (2) Pasar bereaksi negatif terhadap pengumuman dividen
menurun, (3) Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen
meningkat dan menurun, (4) Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman
dividen meningkat pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh, dan (5) Tidak terdapat
perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen menurun pada perusahaan bertumbuh
dan tidak bertumbuh