Abstract :
Pembangunan perumahall yang layak !:Iebat. serasi dan teratur rnenjadi
tnllggungjawab bersruna antara. pemerintah Swashl dan masyorakat yang memerlukrul
peran serta aktif sehingga dnpnt meningkatknn kesejahternnn masynraknt. Bentuk
ketja soma dan perno nktif tersebut nntnra lain dengan tetwujudnya pembangunan
J1Jmah. Upaya. pemenuhan kebutuhall peJ1Jmahan yang Jaya.k dan tel:iangkau terutama.
bagi golongan masyarakat berpenghasiJan rendah. Dilaksanakan dengan carn
memberi kesempatan yang seluas-Iuasnya ke ada kaJangan dnnia usaha untuk dapat
membangun dan menyediakan perumahon ntuk kebutuhan mereka, sehingga
diharapkan mutu kehidupan mere a::aapat semaXin~eningkat.
Saa1 ini persaill oatam bisnis perumahan sen akin keta~ sehingga
developer dalam hal ini . Pemban~una Fentmahan ham mampu memenuhi
kebutuhall keinginan ko is men. I aJ ilu dapat dilnku all denga I memb31lgulI rumall
ymlg baik, mennwarkan hru'ga Yj,Ul8 kompeti if selia mt~n~ Ituknn lo~nsi yang tepnl.
Penllllusan mnsai Unlnm penelitian . ni adalah sebngn.i bel'ikut :
1. Seberapa besar p'~~garuh lokasi terha ;W ~ epuasan konsmnen ,l?uda Pennnahan
Bllkit Permata PlUil Semarang ?
2. Seberap:t besa" Ji!engaruh lingkungan Rerumahan terhadap keHuasan konsumen
pOOa Perurnahan ukit Pe mata Puri Sernaf'ang ?
3. Sebernpa besar p,engor h fasilitas umum terhadap kepuR..'tw onsumen pacla
. Pemmahan Bukit ermat8 Pur' Semaran~?
4. Seberap8 bes8f pe aruh loli8.si, HngkuDgal1 perumahan fas ilitas umum
tefhadnp kepunsan konsumen pada P~t·umn.han Bukit Perm Puri Semornng?
5. Faktor gpO yang memili i Bellgaruh teJrbesaJ' terhadap ke UDSaJl konsllmen parla
Perumahan Bukit Pennata Pur' .emnrnng'l
Thjuan yaug dihorapkan dalam penelitian in! idal ebagai berikut :
1. Untuk mengetahui penglU'uh lokasi mmah Terhad8p Kepuasan Konsumen pOOa
Perumahan 131.lkit Perma.ta Puri Semarang.
2. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan perumahan Tcrhadap Kepua<.mn
Konsumen pada Perumahan Bukit Permata Plu'i Semarang.
3. Untuk mengetah.ui pengaruh Fasilitas umum Terhadap Kepuasan Konsumen pada
Perumahan Bukit Permata Puri Semarang.
4. Untuk mengt~tnhui pengnmh lokasi, lingkungnll perumnhan dUll iasilitas U1lllltll
Terhadap KepuRBan Konsumen puda Pel11mnhan BlIkit Pennata Puri Semarang.
5. Untuk mengetnhui raldor yang memiJiki pengamb terbesBJ" terlmd~ kepuasan
konsumen pada Peru mahan Bukit Permata Puri Semarang.
HipoteslS dalRlll psnelitian ini adalah seb88ai berikut :
1. Tcrdapat pengamh positif dan signifikan antara lokasi Terhadap Kepuasan
Konsumen pada Perumahan Bukit Permata Puri Semarang
2. Terdapat pengaruh pl)sitif dan signifikan antara lingkungan perumahan Terhadap
Kepuasan Konsumen pada Peru mahan Bukit Permata Puri Semarang.
3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antum fnsilitns umum Terhnrlap
Kepunsall Konsumen pndn Perumahan Buki t Pennata Puri SemanUlg.
4. Terdapat pengamh positif dan signifikan antw'a lokasi, lingkungrul pemmahan dan
fasilitas nmum Terhadap Kepnasan Konsumen pada Perumahan Bllkit Permata
Puri Semarang.
Obyek yang diambil peneHti adalah konsumen yang membeli mmah di
Perumnhan Bukit Permata Puri Semarang 'l. Raya Semarang Boja Km 3 Ngaliyan
Semarang. Populasi dalam penctihan IIlr adaJah onsumtn yang membeli rumah di
Perumahan Bukit Permata 'Uf' Semarang. Kommmen daam hal ini adalah pemilik
penghuni yang be.rjumlali 707 orang. U tu' memfjerikan hasi yang akurat) j umlah
snmpd yWlg diambiJ n~enggl1nnkaJl mnIlJS SloVIn y:aitll SebeSIJf 88 orwlg. Teknik
sampling yang digun all st~ratified random sWllpling. Untuk llleJl patkan data yang
dipe1"lukan dnJWll enelitinn ini digunnkn: data priml:~r. Dnlum 19~ ini peneliti
mt'rnberikan kllesio er pad kOnSlUJlen y g m ,mbeli mmali di rumahan Bukit.
Pennata. Puri Semali~g. 1'1etode anaJisis d~ fa dipakai HCarah nalisis Kuajihttif
dengan menggunak n rentang kendali sl
t tabel
(1,658) stau sign (0,011)< <1=0,05 dengan demikian Ho ditolRk dan Ha diterima
3. Fasilitas umum (X3) Terhadap Kepuassll konsumen (Y) berpcngaruh positif
secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) pada hngkat (ex..) = 0~05
dengan t-hitung (5.140) > t tabel (1,658) atau sign (0)000) < a,=O.05 dengan
demikion Ho ditolok dan Ha ditedmo.
4. Lokasi (Xl), lingkungan perumahall (X2) dan Fasilitns umunt (X3) terbukti
bell)engaruh terhndap positif secnrn. signifikrul terhadnp kepuaswl konsumen (Y)
pada tingka! (<1.) = 0,05 dengan F-hitung (58,