Abstract :
Aktivitas ekonomi berkembang pesat mengikuti iklim usaha dewasa ini
terutama untuk sektor jasa. Salah satu usaha jasa yang berkembang pada akhir
tahun 90-an di Indonesia umumnya dan Semarang khususnya adalah jasa
pengiriman barang ( delivery service ).
Seiring dengan munculnya berbagai kemudahan dalam perdagangan yang
dimulai dengan perdagangan bebas (free trading ), yang memperbolehkan arus
barang dari luar bebas masuk kedalam negeri, dan juga kemudian sistem
perdagangan online ( online shopping), dimana untuk melakukan suatu transaksi
seseorang tidak diharuskan untuk berada di tempat penjual untuk melakukan
transaksi secara langsung. Kelebihan-k~lebihan ini kemudian memunculkan suatu
permasalahan baru yaitu : se lldah t · rjadei tra sak-si, dengan apa barang tersebut
akan dikirim kepada pe eli? al inilah yang menjadikan suatu bidang usaha
baru yaitu jasa penghiman barang yang mencakup wilay,ah pengiriman global ( ke
seluruh dunia )
Seperti yang telah diu gkapkan diatas , Bahwa pada akhir tahun 90-an di
Indonesia khususnya dan Semarang umumnya telah tumbun usaha jasa pengiriman
barang secara pesat, yang antara lain ~-4 etJeral Express ( FedEx ), United Parcel
Service (UPS), D~ da lain sebagainy~. Melihat ha~ iui, ada ah usaha sejenis
yang dikelola ~ernerintah? Ada, dan jasa pe giriman bar ng tersebut adalah
Express Mail Serwice.
EMS adalah anal( usaha dari ET Pos Indonesia~ yang t emberikan layanan
pengiriman bar ng ke 53 negara d' dunia dengan berat maksimal 30 kg. Untuk
mengetahui sejau ana rna faat da i JJlsa y~ang telal1 diberiKan, maka EMS hams
memperhatikan pe dapat pengguna jasa ~ang berkaitan d@ an harapan, kinerja,
dan derajat kepentinga Disalnping itu, I'e-rlu diperhaf an juga masalah kinerja
karyawan, karena kinerya karyawan juga akan mem~e garuhi kepuasan pengguna
jasa. Bukan tidak mung in p-c gguna jasa mefa~la ~ . puas karena merasakan
kinerja karyawan yang ouruk, atau~u j. ga sebaliknya. DaTi latar belakang
tersebut maka permasalahan dalam penelitlan ini dirumuskan sebagai: Analisis
Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Kinerja Karyawan Express Mail Service (
EMS) di Semarang.
Obyek penelitian ini adalah pengguna jasa perorangan yang menggunakan
jasa EMS di wilayah Semarang. Obyek penelitian diambil hanya dari konsumen
perorangan karena dalam proses penentuan pilihan mereka tidak tergantung pada
orang lain. Lokasi penelitian mengambil tempat di Kantor Pos Besar Semarang.
Populasi daTi penelitian ini tak terhingga, sehingga sampel ditentukan
melalui quota. Sampel dipilih 100 responden, karena diharapkan 100 ini cukup
mewakili dari jumlah populasi. Metode pengambilan sampel adalah metode
accidental sampling, dimana responden berasal dari pengguna jasa EMS yang
ditemui secara kebetulan pada saat melnbeli jasa EMS. Jenis data yang digunakan
adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
v
Uji Uji Validitas dalam penelitian ini menggunakan tehnik korelasi product
moment. Hasil perhitungan SPSS menunjukkan bahwa nilai korelasi dari masingmasing
iteln melnpunyai nilai r hitung lebih tinggi dari nilai r tabel ( N = 100, =
5% ). Hal ini berarti bahwa variabel yang diukur valid dan data yang diperoleh
representati f.
Uji Reliabilitas dalam penelitian in1 menggunakan Cronhach Alpha. Hasil
perhitungan SPSS menunjukkan bahwa koefisien alphanya mendekati angka 1,
dengan demikian data bisa dikatakan andal atau reliabel.
Untuk model pengukuran kualitas jasa telah dibuat skala multiite-m yang
diberi nama Servqual, yang mana tnetode ini akan digunakan untuk mendapatkan
skor kualitas jasa ( SKJ ), dengan meng unakan