Abstract :
PT. KaryaZirang Utama Daihatsu J1. Jend Sudirman 1~2 Semarang adalah
sebuah perusahaan yang khusus menangani penjualan kedaraan-kendaraan merk
Daihatsu. Perusahaan ini merupakan suatu perusahaan yang cukup rnaju
perkembangannya, tapi karena pengaruh dari faktor keadaan ekonomi yang tidak
menentu, membuat volume penjualan menjadi naik turun.
Pemasaran merupakan proses yang berkesinambungan. Menghasilkan penjualan
bukanlah suatu hubungan akhir dengan konsumen, namun semua itu merupakan
awal hubungan dari proses berkesinambungan dan untuk mempertahankan
konsumen jangka panjang, serta untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
Oleh karena itu perusahaan membekali diri dengan berbagai macarn kebijakan
yang berhubungan dengan pemasaran, yang salah satunya dilakukan melalui
kegiatan promosi.
TUJuan dari dilakukannya kegiatan prornosi yang efektif dari perusahaan adalah
agar konsumen tertarik pada produk ang Hitawarkan perusahaan dan melakukan
pembelian. Tujuan lain adal agar produk yang 8i1awarkan perusahaan akan
selalu diingat dalam benalC konsumen. Namun se a tujuan tersebut dapat
berhasil jika dilakukan suatu pengelolaan )'ang baik dan benar..
Bauran promosi atau omotio at Mix ada em~ t yaitu meliputi :
Periklanan, PenjuaJan Pribad. ( Persomil Selling ,Pro si Penjualan dan
Publisitas. Dal penelitian ini, penelif ebih memfokuskan ~iatan promosi
pada penjualan gribadi (Personal Se ling) karena PT. -Kary Zirang Utarna
Daihatsu Jl. Je ~ Sudi an 182 SeTMang memprioritaskan ersonal Selling
dalarn menawar~an protluknya, sehul5ungan dengan posisi perusahaan adalah
sebagai penyal . Disamping itu produ - p.r. ~a Zi g U a Daihatsu J) .
Jend Sudirm 182 Semarang itu sendiri (kendaraan merk 'p8.i.lI~1.1) sudah
dikenal masyar -at
Penelitian . i bertujuau untu~ me g~ui ap ah terd!1R;tt pengaruh yang
signifikan antara p ~u an pritiadi (Personal Selling) terhada"" volume penjualan.
lJntuk mengetahui pengaruh Personal SeIImg, digunakan uji regresi linier.
Selanjutnya dari tabel ~oeffisients (output SPSS) diper lOO persamaan regresi
sebagai berikut : Y = 36 O~9 0 Og4Xl dim~ y = V~lume Penjualan dan Xl
adalah Personal Selling dimana untulC ·1· onstanta sebesar 36.099 yang
menyatakan bahwa jika tanpa ada variabel Personal Selling (secara rnatematika
Xl = O)maka Volume Penjualan sebesar 36.099 unit. Untuk koefisien regresi
sebesar O,OM menyatakan bahwa penarnbaban (karena tanda + ) akan
meningkatkan Volume Penjualan sebesar 0,84 unit. Dalam penelitian ini dapat
diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan antara Personal Selling
terhadap volume penjualan. Oengan melihat hasil dari penelitian yang telah
dilakukan, maka penulis mencoba untuk memberikan saran yang mungkin dapat
memberikan manfaat khususnya bagi perusahaan adapun saran-saran tersebut
adalah sebagai berikut :
Perusahaan hendaknya memberikan training customer satisfaction
kepada salesman. agar praktek personal selling salesman dapat menjadi lebih baik lagi, sehingga volume penjualan perusahaan dapat bertambah. Praktek
personal selling yang perlu diperhatikan yaitu :
a) Persiapan sebelum penjualan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada
tahap pertama ini adalah mempersiapkan tenaga penjualan dengan
memberikan pengertian tentang barang yang dijualnya, pasar yang
dituju dan teknik penjualannya
b) Penentuan lokasi pembeli potensial, tahap kedua ini menentukan
lokasi dari segmen pasar yang menjadi sasarannya Dari lokasi inilah
dapat disusun sebuah daftar tentang calon pembeli atau pembeli
potensial.
c) Pendekatan pendahuluan, sebelum melakukan penjualan, penjual
harus mempelajari semua masalah tentang cal on pembelinya Selain
itu perlu juga mengetahui tentang produk atau merek apa yang sedang
digunakan dan bagaimana reaksinya
d) Melakukan penjualan, penjualan yang dilakukan, bermula dari suatu
usaha untuk memikat er atian calon konsumen, kemudian
diusahakan mellgetafi . (iaya taroi mereka Dan akhimya penjual
melakukan gef!i wan kepada pembeli.
e) Pelayan sesudah penJuafan biasanya kegJata ini dilakukan untuk
penjual barang-barang indus' epedi inslalasi atau barang
konsumsl tahan lama . almari es televisi dan sebagainya
Kegiatan sesu . arItara lain adalali . gar-ansi, rep aras i
dan penghantaran barang.