Abstract :
Penelitian ini berfokus pada bagaimana Sintak Unika menyediakan
informasi yang berguna bagi user-nya untuk kemudian dievaluasi oleh pihakpihak
yang memiliki kaitan dengan Sintak Unika, serta faktor-faktor yang
menentukan keberlanjutan penggunaan Sintak Unika di lingkungan Unika
Soegijapranata. Penelitian ini hendak mencari bukti apakah kepuasan terhadap
Sintak Unika yang bergantung kepada kualitas (kualitas informasi, kualitas
pelayanan, dan kualitas sistem), keandalan, serta persepsi manfaat dan persepsi
kemudahan penggunaan Sintak dapat mempengaruhi actual use/frekuensi
penggunaan Sintak. Berdasarkan hasil analisis pada responden (mahasiswa
angkatan 2009 dan 2010), variabel yang mampu memprediksi kepuasan pada
Sintak Unika adalah kualitas informasi. Responden lebih mementingkan kualitas
Sintak sebagai sebuah sistem akademik terpadu dari segi pengamanan data, error
free, kecukupan fitur, waktu pengaksesan, dan peningkatan produktivitas
signifikan untuk mencapai kepuasan saat menggunakan Sintak ketimbang melihat
Sintak dari segi lain. Selain itu, ditemukan juga bahwa meski mahasiswa puas
ternyata penggunaan aktual mereka ternyata tidak signifikan.