Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh hubungan klien dengan KAP,
pentingnya KAP bagi klien, jasa non audit yang diberikan oleh KAP, pengalaman audit,
dan preferensi klien terhadap ekspektasi klien dalam audit judgement dari sudut
pandang klien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal yang
berhubungan langsung dengan tim auditor dari KAP yang bekerja pada perusahaan
manufaktur berskala besar di Semarang. Jumlah sampel yang menjadi responden
sebanyak 34 orang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunkan uji reliabilitas dan
uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f).
Hasil menunjukkan bahwa hubungan klien dengan KAP berpengaruh secara negatif
terhadap ekspektasi klien, pentingngnya KAP berpengaruh secara positi terhadap
ekspektasi klien, jasa non audit yang diberkan oleh KAP berpengaruh secara positif
terhadap ekspektasi klien, pengalaman audit berpengaruh secara positif terhadap
ekspektasi klien, preferensi klien berpengaruh secara positif terhadap ekspektasi klien.
Kata kunci = Hubungan klien dengan KAP, Pentingnya KAP bagi klien, Jasa non audit
yang diberikan oleh KAP, Pengalaman audit, Preferensi klien