DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN TINGKAH LAKU MENOLONG SISWA KELAS REGULER DENGAN SISWA KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI 3 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
APRILIA, MONA
Subject
Interpersonal Psychology 
Datestamp
2015-08-30 11:17:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkah laku menolong siswa kelas reguler dengan siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 3 Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan tingkah laku menolong pada siswa kelas reguler dan kelas akselerasi di SMA negeri 3 Semarang, dimana tingkat tingkah laku menolong siswa kelas reguler lebih tinggi daripada siswa kelas akselerasi. Subjek penelitian berjumlah 46 orang yang terdiri dari 20 siswa kelas XI akselerasi dan 26 siswa kelas XI reguler. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala tingkah laku menolong. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik uji t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil 0.944 dengan p>0.05 yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkah laku menolong siswa kelas reguler dengan siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 3 Semarang. Dengan demikian, hasil analisis data ini mendasari bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata